Menata Ruang Makan Agar Lebih Nyaman

Siapa yang tak ingin memiliki rumah, setiap orang yang berumah tangga pasti ingin memiliki rumah sendiri karena rumah tempat kita kembali dari segala aktifitas dan rutinnitas. Rumah tempat kita beristirahat berkumpul bersama keluarga dan tempat mencurahkan kasih sayang kita kepada orang-orang yang kita cintai. Namun, sayang banyak juga orang yang tak memiliki rumah. oleh karena itu, kita yang diberi kesempatan memiliki rumah, sudah selayaknya merawat dan menjaga kebersihan rumah kita sendiri khususnya bagian ruangan.

Ruangan di dalam rumah memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti dapur untuk memasak sekaligus tempat mencuci piring kotor. ruang makan berfungsi untuk menikmati hidangan makanan yang dimasak, biasanya ini tempat favorit seluruh keluarga karena di ruang ini kehangatan keluarga terjalin, bisa juga dijadikan tempat diskusi ketika makan malam.


Selain sebagai tempat makan keluarga, sering kali berbagai perencanaan terjadi di ruangan ini. Bahkan di rumah tinggal yang luasnya amat terbatas, Desain interior ruang makan ini sering disulap menjadi multifungsi sebagai ruang tempat duduk sambil menonton tv dan tempat anak membuat pekerjaan rumah .
Desain interior ruang makan yang baik adalah ruang makan yang memiliki fungsi sesuai dengan tujuan utamanya, yaitu makan dengan baik dan dapat menunjang kegiatan lainnya. Oleh karena itu dalam menata atau mendesain ruang makan, banyak yang perlu diperhatikan. Meja makan dapat pula diletakan berdekatan dengan kitchen set pada pantry agar dapat memperlancar aktivitas penyajian makanan . 


Seiring dengan berkembangnya fungsi dalam desain interior ruang makan, aktivitas diatas meja makan dapat dioptimalisasikan sebagai ‘ruang keluarga kedua’ di mana anggota keluarga bisa saling berbagi cerita dan bertukar pikiran diatas meja makan, sebagai ruang belajar anak dan ‘kantor kecil’ untuk orang tua apabila terpaksa membawa pekerjaan kantor mereka.
Jika Anda menghendaki kegiatan makan berlangsung dengan baik, tanpa gangguan, dan waktu di meja makan benar-benar menjadi waktu berkualitas, anda dapat memberikan sentuhan desain interior yang membuat ruang makan terpisah secara jelas dengan ruang lainnya . Anda dapat meletakkan dining room pada area khusus atau rnenggabungkannya dengan ruang yang aktivitasnya mendukung, misalnya meletakkan ruang makan di dapur. Apabila Anda menyukai kegiatan makan yang kental dengan nuansa alam, Anda dapat meletakkan ruang makan di area teras yang menghadap taman .


Penataan lampu pada dining room dapat diatur sedemikian rupa agar dapat memberikan cahaya yang cukup untuk menerangi aktifitas yang dilakukan diatas meja makan . Desain lampu gantung diatas meja makan, dapat menjadi pemanis ruang makan .


Anda dapat memilih kursi semacam ini, terlebih jika Anda memiliki meja makan sederhana. Jika enggan membeli kursi makan baru, Anda dapat mengganti jok kursi makan lama Anda dengan warna dan corak lebih terang. Namun, jika bersedia merogoh kocek lebih dalam, Anda juga dapat berinvestasi dengan berbagai bentuk dan bahan kursi unik.

 Salah satu bahan unik pembuat kursi adalah akrilik. Untuk ruang makan berukuran kecil, kursi dari akrilik dapat menjadi pilihan tepat. Dengan bahan ini, Anda memberikan ilusi, bahwa ruang makan Anda lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Terakhir, perlu diingat, bahwa Anda tidak dapat melupakan pencahayaan dalam ruang makan. Berbagai macam pilihan lampu tersedia bagi Anda dan masing-masing pilihan itu memiliki nuansa berbeda. Ada lampu berkesan romantis, ada juga lampu yang memberikan penyinaran lebih keras.
Apapun pilihan Anda, selalu ingatlah, bahwa hal terpenting adalah Anda dan keluarga dapat menyantap makanan dan berkumpul dengan nyaman. Walaupun, tentu saja, Anda dapat "memamerkan" selera dan gengsi Anda lewat lampu-lampu unik di ruangan ini.

0 Response to "Menata Ruang Makan Agar Lebih Nyaman"

Post a Comment

Ads 468 X 60

/div>