Desain Eksterior dan Interior Rumah Dekat Pantai

Desain Eksterior dan Interior Rumah Dekat Pantai | Pantai adalah sebuah wilayah yang menjadi batas antara lautan dan daratan, bentuk pantai berbeda-beda sesuai dengan keadaan, proses yang terjadi di wilayah tersebut, seperti pengangkutan, pengendapan dan pengikisan yang disebabkan oleh gelombang, arus, angin dan keadaan lingkungan disekitarnya yang berlangsung secara terus menerus, sehingga membentuk sebuah pantai.

Keberadaan pantai selalu indentik dengan kunjungan wisata para touris baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri karena keindahan dan kondisinya yang masih alami, mereka rela membayar lebih mahal agar dapat berkunjung ke tempat ini. Dari keindahan tersebut dan prospek wisata yang begitu bagus kira-kira seperti apa jika kita membangun rumah di daerah pantai , berikut adalah beberapa contoh dan tips tentang Desain Eksterior dan Interior Rumah Dekat Pantai.


Sebelum merencanakan pembangunan ada baiknya terlebih dahulu Menentukan lokasi yang merupakan pertimbangan cukup penting ketika hendak membangun sebuah rumah tinggal. Seakan ingin terus bereksplorasi dalam penentuan lokasi hunian, berbagai lokasi menjadi sasaran manusia. Dari mulai lokasi dengan altitude rendah, hingga pegunungan. Tempat yang ramai dan berperadaban, hingga yang sunyi dan jauh dari hiruk pikuk kota. Semua sudut di bumi ini seperti sudah dijelajahi dan dihuni penduduknya. Tak terkecuali untuk lokasi di dekat pantai.


Lokasi pantai tentu saja tak luput dari sasaran orang untuk dijadikan tempat tinggal. Bagaimana tidak, pantai menyediakan view yang tak dapat digantikan dengan view buatan manusia seperti danau, hutan, dan panorama buatan lainnya. Hamparan laut yang membentang luas tak terlihat batasnya, juga irama debur ombaknya yang khas, menjadi magnet bagi orang untuk mengunjunginya atau menjadikannya lokasi hunian.

Banyak kawasan yang dibuat menjadi kota pantai. Perkembangannya cukup pesat berkat perdagangan dan pelabuhannya. Hunian dibangun dengan memanfaatkan view dan ekosistem di sekitar pantai secara optimal. Beberapa hal perlu diperhatikan ketika ingin membuat Rumah Minimalis Indah sederhana di dekat pantai. Perencanaannya haruslah matang, dari mulai mengetahui peraturan sempadan tepi pantai, sejarah keamanan, kondisi tinggi gelombang hingga kondisi kimia air lautnya.


Meminimalkan kerusakan lingkungan tetap harus diperhatikan. Usahakan bangunan tidak merusak hutan bakau, tidak terlalu dekat dengan pantai karena kemungkinan pasang surut, gelombang air dan juga faktor kemungkinan bencana tsunami. Ketika membangun pondasi, ada kemungkinan tanah keras berada jauh di bawah tanah. Jika itu terjadi, diperlukan pondasi yang lebih kuat dan dalam. Ketinggian lantai dari permukaan tanah harus juga dipertimbangkan. Dengan struktur yang kokoh, elevasinya dapat dibuat lebih tinggi dari bangunan pada umumnya.

Berbeda dengan membangun Rumah Minimalis Indah sederhana di lahan biasa, banyak hal yang harus diperhatikan untuk rumah di dekat pantai. Hal itu dikarenakan kondisi lahan pantai yang cenderung berpasir dan berbatu. Konstruksinya harus kuat di bawah dan sedapat mungkin tidak merusak lingkungan. Tidak ada keharusan untuk menggunakan fasad dengan gaya tertentu. Yang lebih penting dari itu adalah orientasi bangunannya yang memaksimalkan pemanfaatan view laut.


Bukaan-bukaan dan ventilasi yang baik dapat mengatasi udara lembab di tepi pantai. Udara yang panas dapat disiasati dengan menanam banyak pohon. Pohon-pohon tersebut juga dapat menjadi penahan apabila terjadi angin kencang yang membawa serta pasir. Maka konsep arsitektur tropis lebih dianjurkan untuk rumah di tepi pantai. Perpaduan material bangunan yang kuat dan desain yang aerodinamis dapat mengokohkan bangunan, sehingga bangunan dapat bertahan ketika diterpa angin kencang.



Karena orientasi bangunan yang dari dalam ke luar, rumah pantai sebaiknya lebih banyak diolah di eksteriornya. Misalnya dengan menghadirkan patio, gazebo, dek untuk menikmati pemandangan laut, dan elemen eksterior lainnya. Disarankan untuk menambahkan teras dan balkon di setiap kamar, agar view pantai yang indah tidak tersia-siakan. Hal kecil seperti hadirnya shower di bagian luar rumah akan menjadi penting untuk rumah di dekat pantai. Tentu saja fungsinya untuk membersihkan diri ketika hendak memasuki rumah setelah berjalan-jalan dan bermain di pantai.

0 Response to "Desain Eksterior dan Interior Rumah Dekat Pantai"

Post a Comment

Ads 468 X 60

/div>