Cara Membuat Kusen Pintu Tunggal Dari Kayu


Cara Membuat Kusen Pintu Tunggal Dari Kayu | Pada postingan berikut ini kami akan membahas tentang Cara Membuat Kusen Pintu Tunggal Dari Kayu yang terdiri dari informasi kusen pintu. Kusen pintu adalah sebuah rangka yang dipasang pada lubang pintu yang fungsinya adalah menggantungkan daun pintu sehingga lubang pintu tersebut dapat dibuka dan ditutup dengan mudah dan aman, yang berfungsi untuk menghubungkan antara ruang satu dengan ruang lainnya dan atau dengan bagian luar rumah atau gedung. Proses pembuatan kusen pintu dimulai dengan pemilihan dan persiapan bahan dan alat, proses pengetaman, proses pelukisan sambungan konstruksi, proses pembuatan pen dan lubang, pengepasan sambungan, pembuatan sponeng, alur, kupingan dan profil serta penyetelan hingga menjadi barang jadi sesuai dengan tuntutan gambar kerja.



Pengertian Kusen

Kusen adalah rangka pintu yang pada umumnya dibuat dari kayu atau Aluminium dan kusen secara khusus dapat dibuat dari beton. Kusen dari bahan kayu pada umumnya digunakan untuk bangunan rumah tinggal. Jenis kayu yang baik untuk kusen pintu adalah kayu jati, kayu kamper dan beberapa kayu lokal lainnya yang mempunyai kembang susut rendah. Ukuran kayu yang lazim digunakan untuk dibuat kusen adalah 8/12 cm dan 6/12 cm.

Secara sederhana kusen pintu terdiri dari 3 bagian yakni :

a. Ambang atas
Berfungsi untuk menahan beban pasangan batu bata diatasnya atau menyekat pasangan balok beton diatasnya, yang pada ujungnya dibuat telinga ambang (kupingan), panjangnya 10 cm – 20 cm, yang dalam pemasangannya akan dijepit dengan pasangan bata.


b. Tiang
untuk pegangan dan tumpuan daun pintu, pada punggung tiang dipasang baja angkur diameter 10 mm, supaya kokoh untuk menahan daun pintu., dan agar kedudukan kusen pintu stabil dan tidan bergeser maka pada punggung tiang dibuat alur kapur yang nantinya dalam pemasangan kusen pada dinding tembok diberi adukan spesi pasir dan semen, sehingga menjadi kokoh.


c. Kaki tiang
Juga dinamakan duk, dibuat dari campuran kedap air, 1 PC : 2 pasir , fungsinya untuk melindungi tiang bagian bawah dari air atau lembab, agar tidak cepat lapuk. buat dudukan pintu agar terlindung dari pengaruh air, tingginya dibuat 10-12 cm. Sedang pintu yang sering terkena air, duknya dibuat tinggi 15 cm.

d. Sponeng
Pada tiang dan ambang kusen pintu dibuat suatu lekukan yang disebut sponeng, yang gunanya untuk menempatkan engsel dan sekaligus sebagai tumpuan daun pintu agas tidak lepas. Dalamnya sponeng adalah 1 – 1,5 cm, sedang lebar sponeng adalah 3 – 4 cm, sangat tergantung dengan ketebalan daun pintu.
e. Sambungan Kusen
Sambungan kusen pintu menggunakan sambungan pen dan lubang. Sambungan pen dibuat pada bagian ujung atas tiang dengan ukuran 1/3 lebar tiang, sedang untuk lubang dibuat pada bagian ambang atas kusen, besarnya lubang juga 1/3 lebar kusennya. Dengan demikian maka tiang akan kuat menahan ambang atas yang juga mendapat beban dari pasangan batu bata diatasnya.

Untuk Langkah-langkah detail selanjutnya bisa di download ebook pdfnya disini didalamnya terdapat rincian tata cara yang lebih lengkap. Semoga bermanfaat :) 


3 Responses to "Cara Membuat Kusen Pintu Tunggal Dari Kayu"

  1. Maaf menumpang, jika ada yang membutuhkan pintu alumunium dengan berbagai jenis model dan jenis bisa kunjungi website kami
    www.pintuvariasi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deposit minimal 25Ribu dan Wd minimal 50Ribu
      Info : AGENBOLA889
      Info Prediksi : PREDIKSI BANDAR

      BBM:AGB889 Line:Agenbola889 WA: +855313008889. Dengan CS Terbaik 24 jam
      Agen resmi SBOBET MAXBET POKERKLIK BOLATANGKASNET
      Bonus bawa teman 5%

      Delete

Ads 468 X 60

/div>