Feng Shui Tata Letak Sumur dan Plafon

Feng Shui Tata Letak Sumur dan Plafon | Dalam ilmu Feng Shui, sekalipun posisi sumur dan plafon bukanlah prioritas utama yang didahulukan dalam analisa, namun kadangkala memberi efek tertentu bilamana dilanggar. Dalam kehidupan modern saat ini terutama daerah perkotaan, sudah jarang kita temui adanya sumur air di sekitar pekarangan rumah mengingat sumber air berasal dari PDAM. Namun, kondisi ini masih bisa ditemui pada kota kecil terutama daerah pedesaan dimana sumber air mereka kebanyakan dengan menggali sumur di sekitar pekarangan rumah. Sumur merupakan sumber air yang mana dalam ilmu Feng Shui, air adalah zat paling vital dalam kehidupan di dunia ini untuk mempertahankan kehidupan. Dalam Feng Shui, air mengatur kekayaan, dan penempatan yang benar dari sumber air akan menentukan keberuntungan keluarga.

Oleh sebab itu, pedoman pertama yang harus Anda ketahui dalam Feng Shui Tata Letak Sumur dan Plafon adalah jangan menempatkan sumur dalam posisi yang sejajar dan segaris lurus dengan gerbang utama rumah. Mengapa? Karena ini bisa menyebabkan keluarga tersebut akan mudah menghadapi pertengkaran ataupun masalah hukum. Keadaan ini juga bisa menjadi saluran keluar dari keberuntungan keluarga karena energi yang positif atau ‘Yang Qi’ yang biasa disebut sebagai energi keberuntungan, akan dinetralkan oleh keberadaan energi negatif atau ‘Yin Qi’ dari sumur ketika energi positif masuk ke dalam rumah.


Seperti halnya dengan kasus Feng Shui Interior dan Tata Letak Dapur Solusi yang bisa Anda lakukan untuk kasus Feng Shui Tata Letak Sumur dan Plafon ini adalah dengan memindahkan posisi pintu gerbang utama rumah (bilamana sumur masih dipakai) agar tidak terlihat serta tidak segaris lurus dengan gerbang utama rumah. Namun, bila sumur tersebut sudah tidak dipakai lagi, maka ada baiknya Anda menutup sumur agar tidak menimbulkan gas yang beracun ataupun sarang bakteri yang bisa mengganggu kesehatan keluarga.


Ada sementara kasus yang terjadinya secara berulang-ulang, entah mulai dari penyakit, kecelakaan, ataupun kemalangan lain yang menimpa sebuah rumah tangga. Keluarga seperti ini biasa disebut sebagai tinggal di ‘rumah bermasalah’ secara Feng Shui. Dan setelah memanggil beberapa praktisi atau ahli Feng Shui untuk mengecek masalah Feng Shui rumah tersebut, masih saja tidak bisa menemukan penyebab kemalangan keluarga. Mengapa? Karena seringkali mereka tidak menanyakan sejarah rumah itu, seperti “Apakah rumah itu dibangun di atas sumur tua yang telantar?”. Lebih buruk lagi, bila sumur itu telah terisi sampah dan timbunan bahan dari sumber-sumber yang tidak jelas. Kasus ini adalah kasus dimana aliran energi ‘Qi’ terlanggar atau terjebak di bawah tanah. Hal ini akan menyebabkan penyakit yang datang berulang-ulang, terutama bila kamar tidur dibangun tepat di atas posisi sumur yang terpendam di bawahnya.


Sumur merupakan sumber dari energi diam atau ‘Yin Qi’. Oleh sebab itu, pintu utama yang segaris lurus dan membuka ke arah sumur akan menarik energi negatif untuk masuk ke dalam rumah. Energi yang negatif ini diinterpretasikan dalam bentuk penampakan hantu atau roh halus yang mengganggu. Kasus seperti ini seringkali disebut dengan ‘Yin Sha’ dalam bahasa Mandarin walaupun tidak semata-mata selalu berhubungan dengan penampakan hantu karena bisa dalam bentuk gangguan kesehatan terutama bila sumur tersebut adalah sumur tua dan tidak berfungsi lagi sehingga menyebabkan gas yang beracun merusak kesehatan. Solusi yang bisa dilakukan untuk kasus ini adalah dengan memindahkan pintu utama agar tidak segaris lurus dengan sumur, serta bilamana sumur tidak berfungsi lagi maka seyogyanya ditutup atau ditimbun secara benar.


Berikutnya kami ingin memberikan pedoman Feng Shui Plafon atau Langit-Langit Rumah. Mengapa bentuk plafon juga diperhatikan dalam ilmu Feng Shui? Karena kita menganggap bahwa yang disebut dengan energi ‘Qi’ adalah pertukaran udara atau sirkulasi energi dalam ruangan tertentu. Energi ‘Qi’ ini berfungsi hampir sama dengan sistim penyejuk udara karena energi ‘Qi’ juga berputar di dalam rumah. Oleh sebab itu pedoman utama dalam Feng Shui Plafon adalah untuk menghindari langit-langit yang miring dari satu bagian rumah. Langit-langit yang miring akan mengeluarkan tingkat tekanan energi ‘Qi’ yang berbeda pada ruang di bawahnya. Bagian terendah akan mengeluarkan tekanan yang lebih besar daripada bagian yang tertinggi.

 

Pedoman penting lainnya adalah untuk menghindari tinggi langit-langit yang berbeda karena adanya balok yang menonjol menciptakan tekanan terhadap ruang dibawahnya. Maka tidak disarankan untuk duduk di bawah balok yang menonjol tersebut. Solusi yang bisa dilakukan pada kasus langit-langit yang miring ataupun adanya balok yang menonjol di atas adalah pindah dari balok menonjol itu atau menurunkan langit-langit. Dengan menurunkan langit-langit akan memberikan efek langit-langit yang rata dan energi ‘Qi’ akan mampu berputar di seantero rumah tanpa hambatan. Lantas, kapan Anda harus pindah?
  1. Bila balok menonjol atau langit yang miring berada di atas pintu masuk rumah. 
  2.  Bila balok menonjol atau langit yang miring berada di atas dapur terutama pada posisi kompor. 
  3.  Bila balok menonjol atau langit yang miring berada pada ruang kamar tidur Anda terutama pada arah kepala ranjang. 
  4.  Bila balok menonjol atau langit yang miring berada pada meja kerja Anda.

Namun, bilamana balok menonjol tersebut jauhnya atau jarak ketinggiannya lebih dari 3 meter dari lantai, maka efek balok bisa diabaikan selama Anda tidak berdiam di bawahnya lebih dari 6 jam terus-menerus.



0 Response to "Feng Shui Tata Letak Sumur dan Plafon"

Post a Comment

Ads 468 X 60

/div>