Desain Interior Ruang Belajar Yang Nyaman

Kegiatan belajar seolah – olah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan setiap orang, bukan hanya kehidupan orang dewasa saja tapi kehidupan anak – anak yang masih berusia balita pun sudah di jatuhi tuntutan untuk belajar. Kegiatan belajar ini tidak terbatas hanya di sekolahan, pondok pesantren atau lembaga – lembaga bimbingan belajar lain yang bergerak di bidang pendidikan saja, tetapi di rumah pun masih ada tuntutan belajar seperti mengerjakan PR, mengerjakan tugas – tugas kuliah dan tugas – tugas akademis lainnya.

Dengan banyaknya tugas dan tuntutan belajar, akan membuat mereka cepet bosan dan mengabaikan kewajiban mereka sebagai pelajar jika tidak ditunjang dengan fasilitas belajar yang memadai, dalam hal ini adalah fasiliitas Ruang Belajar. Keberadaan ruang belajar tentu saja  berpengaruh terhadap kenyamanan belajar mereka sebagai pejuang ilmu pengetahuan, semangat dan kenyamanan belajar mereka akan cepat surut manakala ruang  belajar mereka tidak bisa memberikan kenyamanan bagi pemilik kamar tersebut.


Ruang belajar untuk anak – anak tentu saja berbeda dengan ruang belajar untuk dewasa, desain ruang belajar anak ini lebih banyak ditemukan menyatu dengan ruang tidur anak di rumah minimalis Anda. Terlepas apakah hal ini berpengaruh untuk psikologis mereka, faktanya banyak sekali yang menggunakan ruang lain seperti ruang makan, ruang TV, ruang tamu, dan ruangan lain untuk mengerjakan PR atau menyelesaikan tugas sekolah di rumah. Banyak sekali sebabnya, ada yang memang karena kurang memiliki cukup ruang karena rumahnya mungil atau memang sang anak memiliki type belajar yang harus dekat dengan orang lain. Karena bagaimana pun type belajar anak berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun demikian, secara garis besar, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal saat Anda hendak membuatkan mereka ruang belajar, baik di dalam kamar maupun di lokasi lain di rumah Anda, misalnya di lorong. 


Seperti yang telah disebutkan, cara belajar anak berbeda-beda. Ada yang senang dengan belajar di lesehan, belajar dengan mendengarkan musik, dan  cara belajar lainnya yang jelas unik. Anda perlu mengenalinya untuk mendesain ruang belajar yang sesuai dengan mereka dan menciptakan kenyamanan belajar untuk mereka.

Jika anak Anda kembar dan tidur dalam satu kamar yang sama. Anda harus membuatkan meja terpisah untuk mereka agar tidak saling rebut dan terjadi pertengkaran. Jika usianya berbeda (adik dan kakak – SD dan SMA) tentu desain kedua ruang belajar ini akan berbeda. Pun lemari belajarnya.


Kursi, meja, dan lemari adalah furnitur wajib dalam ruang belajar. Anda perlu menyesuaikan furnitur ini agar sesuai dengan tinggi badan dan tidak mengganggu kesehatan anak Anda. Pemilihan furnitur ini juga termasuk memilih bahan kursi, bahan meja, dan model dari meja dan kursi.


Untuk membangkitkan selera belajar anak Anda, Anda bisa menggunakan warna yang dia sukai. Atau warna-warna cerah yang akan menstimulus otaknya untuk tetap bersemangat. Anda juga perlu menjaga kebersihan dan kerapian ruang belajar anak Anda.


Perlengkapan belajar adalah wajib, namun demikian beberapa sarana penunjang juga perlu Anda hadirkan. Misalnya, sesuatu yang sesuai dengan hobinya. Hal ini akan membuatnya senang belajar di meja tersebut dan akan disiplin dalam belajar. Anda juga bisa menyediakan aroma terapi dalam ruang belajar putra-putri Anda.

Demikianlah beberapa contoh dan tips mendesain ruang belajar yang baik yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk mendesain ruang bagi putra – putri anda.

0 Response to "Desain Interior Ruang Belajar Yang Nyaman "

Post a Comment

Ads 468 X 60

/div>