Pilihan Keramik untuk Lantai Rumah Anda

Untuk melengkapi kesempurnaan rumah-rumah modern, keramik termasuk elemen penting yang diaplikasikan pada lantai. Fungsi keramik sendiri begitu vital untuk menambah keindahan rumah agar mempunyai nilai estetika tinggi. Jenis keramik sangat banyak dan beragam baik merek, harga, model, dan ukurannya. Keramik juga dibedakan berdasarkan fungsinya, ada keramik biasa untuk lantai ruang tamu, dapur, dan khusus untuk kamar mandi. Yang paling mencolok adalah keramik khusus kamar mandi, dimana motif untuk dekorasi keramik kamar mandi sangat berbeda dengan motif keramik di ruangan lainnya. Keramik khusus kamar mandi biasanya didesain agak kasar pada permukaannya. Hal ini sengaja dilakukan produsen agar keramik tidak licin apabila dalam kondisi basah sehingga tidak menyebabkan orang terpeleset.


Keramik merupakan salah satu bukti peradaban manusia yang semakin maju dimana hal-hal yang sifatnya modern semakin banyak ditemukan. Keramik yang menggantikan fungsi dari ubin dan kayu yang dulu sering digunakan untuk rumah-rumah tradisional, kini keberadaannya sangat familiar dan hampir semua orang menggunakannya. Keramik banyak menghiasi bagian lantai dan dinding rumah termasuk kamar mandi dan bagian rumah lainnya.
Mengaplikasikan keramik untuk kamar mandi tidak boleh sembarangan, artinya keramik yang dipasang harus disesuaikan menurut fungsinya. Dalam hal ini motif untuk dekorasi keramik kamar mandi dibagi menjadi dua jenis yaitu keramik untuk lantai kamar mandi dan keramik untuk dinding atau bak mandi. Seperti yang disebutkan diatas, keramik untuk lantai kamar mandi sebaiknya memilih yang teksturnya kasar dan ukurannya kecil-kecil. Namun untuk ukuran keramik sendiri sebenarnya bisa menyesuaikan dengan ukuran kamar mandi. Jika kamar mandi ukurannya luas maka bisa menggunakan keramik yang ukurannya lebih besar, begitu juga sebaliknya. Yang pasti berapapun ukurannya, besar atau kecil, keramik untuk lantai kamar mandi harus menggunakan yang kasar agar tidak licin sewaktu dipijak dalam keadaan basah.


Berbeda bahan, berbeda pula cara merawatnya. Lantai yang memiliki perawatan termudah tentunya adalah lantai ekspos. Lantai jenis ini hanya perlu dibersihkan dari debu. Untuk lantai yang terbuat dari marmer, perlu untuk menghindarkan lantai dari cairan berwarna yang tegenang terlalu lama. Membiarkan cairan berwarna menggenang terlalu lama di lantai marmer dapat mengakibatkan noda yang sulit dihilangkan.


Permasalahan yang sering ditemukan pada lantai berjenis keramik adalah permukaan yang pecah ataupun retak. Hal ini dapat dikarenakan proses pemasangan yang kurang sempurna. Ketika melihat lantai keramik yang menggembung,segeralah bongkar lantai yang menggembung agar tidak merusak lantai di sekitarnya.


Untuk perawatan lantai parket cukup dengan menghindarkan lantai dari air maupun kondisi udara yang lembab. Lantai parket yang terkena air dan lembab akan menyebabkan lantai menjadi mudah berjamur. Untuk membersihkan lantai parket cukup dengan disapu ataupun menggunakan vacum cleaner.  


Warna keramik juga berpengaruh besar pada keindahan dan kenyamanan interior kamar mandi. Artinya bukan dari segi kualitas dan harga keramik saja yang membuat desain kamar mandi menjadi indah dan elegan, namun pilihan warna juga menjadi salah satu faktor penentu keindahan kamar mandi. Sebaiknya memilih keramik dengan motif warna cerah atau kombinasi beberapa warna cerah seperti biru muda dengan putih, putih dengan merah muda, atau cokelat muda dengan merah maron. Sebisa mungkin hindari warna-warna yang cenderung gelap seperti hitam, biru tua, atau cokelat tua (terutama keramik untuk dinding) karena bisa memberi aura negatif pada kamar mandi.

0 Response to "Pilihan Keramik untuk Lantai Rumah Anda"

Post a Comment

Ads 468 X 60

/div>