10 Arsitektur Bangunan Islam Paling Menakjubkan Di Dunia

10 Arsitektur Bangunan Islam Paling Menakjubkan Di Dunia  |  Arsitektur Islam adalah sebuah karya seni arsitektur bangunan yang memiliki konsep pemikiran Islam yang bersumber dari Al-Qur’an, Sunnah Nabi, Keluarga Nabi, Sahabat, para Ulama maupun cendikiawan muslim yang terpancar dari aspek fisik dan metafisik pada bagunan tersebut. Arsitektur Islam berkembang sangat luas baik itu di bangunan sekular maupun di bangunan keagamaan yang keduanya terus berkembang sampai saat ini. Arsitektur juga telah turut membantu membentuk peradaban Islam yang kaya. Bangunan-bangunan yang sangat berpengaruh dalam perkembangan arsitektur Islam adalah mesjid, kuburan, istana dan benteng yang kesemuanya memiliki pengaruh yang sangat luas ke bangunan lainnya. Sampai saat ini arsitektur Islam sangat terkenal dengan keindahan dan kemegahan bangunan-bangunannya. Berikut adalah 10 Arsitektur Bangunan Islam Paling Menakjubkan Di Dunia

1. Masjid Umayyad, Suriah



Masjid Umayyad Damaskus, atau dikenal juga dengan sebutan Masjid Agung Damaskus, merupakan sebuah bangunan yang didirikan diatas bekas tempat berdirinya Basilika Santo Yohanes Pembaptis (dalam agama Islam dikenal dengan sebutan Nabi Yahya). Masjid ini termasuk dalam salah satu masjid tertua dan terbesar di dunia serta dianggap sebagai salah satu tempat suci bagi umat muslim.

Di dalam kompleks Masjid ini terdapat sebuah kuil yang didalamnya diyakini terdapat jasad dari Nabi Yahya. Selain itu di kompleks ini juga terdapat makam salah satu pemimpin dan pejuang Islam yang sangat terkenal Salahuddin Al Ayoubi. Makamnya terletak di sebuah taman kecil yang berdekatan dengan dinding utara Masjid.

2. Registan Square, Uzbekistan




Bangunan Registan Square terletak di sebuah kota kuno bernama Samarkand. Bangunan ini biasanya digunakan oleh masyarakat untuk berkumpul dan menunggu pengumuman dari kerajaan. Walau telah berdiri selama berabad-abad bangunan ini tetap tampak indah dan megah sehingga banyak warga yang berkumpul di sana dari berbagai kota di Uzbekistan.

Bangunan Registan Square sendiri terletak di tempat yang sangat strategis. Dahulunya area ini merupakan tempat utama dari aktifitas perdagangan dan kerajinan di kota ini dan itulah sebabnya mengapa bangunan ini terletak di antara enam jalan utama yang ada dikota ini.

3. Masjid Kalan, Uzbekistan



Masjid Kalan terletak di kota Bukhara, Uzbekistan. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 1514. Di Uzbekistan Masjid ini dianggap setara dengan Masjid Bibi-Khanym yang berada di Samarkand. Hal ini dikarenakan kedua bangunan masjid ini dianggap memiliki kesamaan dalam luas dan tipe bangunannya. Namun demikian Masjid Kalan dinilai jauh lebih indah.

Sayangnya walau terlihat indah dan menakjubkan ada sisi kelam yang menyelimuti masjid ini. Di kompleks Masjid ini terdapat sebuah menara yang menjulang setinggi 45,6 m. Menara yang memiliki nama Minâra-i Kalân ini juga memiliki julukan lain yaitu Tower of Death, hal ini dikarenakan menara ini digunakan sebagai tempat eksekusi bagi terpidana mati dengan cara dijatuhkan dari atas menara.

4. Masjid Jama, India



Masjid Jama, dalam bahasa persia disebut Masjid-i Jahān-Numā yang berarti Masjid Cermin Dunia, adalah sebuah Masjid kuno yang terletak di kawasan Delhi Tua kota New Delhi, India. Masjid ini dibangun oleh Syah Jehan yang juga merupakan pendiri Taj Mahal. Sampai saat ini, Masjid yang selesai dibangun pada tahun 1656 ini merupakan Masjid paling terkenal di India.

Selain dua nama diatas, Masjid ini juga memiliki nama lain yaitu Masjid Jami. Penamaan ini didasarkan pada fakta bahwa Masjid ini selalu penuh sesak saat dilaksanakannya shalat Jum'at. Masjid ini sendiri diperkirakan mampu menampung sekitar 25.000 orang jemaah.

5. Masjid Baiturrahman, Indonesia



Masjid Baiturrahman, sering juga disebut Masjid Raya Baturrahman, adalah sebuah Masjid yang dulunya merupakan Masjid Kesultanan Aceh. Pada Tahun 1873 Masjid ini pernah dibakar oleh tentara Belanda dalam sebuah penyerangan ke kota Banda Aceh. Pada Tahun 1875 Belanda kemudian membangunkan sebuah Masjid pengganti untuk Masjid yang dibakar tersebut.

Masjid itu awalnya hanya memeiliki satu buah kubah. Seiring berjalannya waktu Masjid Baiturrahman kemudian mengalami beberapa kali perombakan dan penambahan kubah hingga memiliki 7 buah kubah seperti sekarang. Masjid Baiturrahman termasuk salah satu Masjid terindah di Indonesia. Bentuknya yang terlihat manis semakin tampak mempesona dengan berbagai ukiran yang tampak indah.

6. Masjid Ibnu Tulun, Mesir



Masjid Ibnu Tulun, sering juga disebut sebagai Masjid al-Maydan, merupakan sebuah Masjid yang berada di Kairo. Masjid ini dibangun pada sekitar tahun 876-879 saat Mesir berada dibawah pimpinan Ahmad Ibnu Tulun. Ahmad Ibnu Tulun sendiri dulunya merupakan seorang gubernur saat Mesir dikuasai oleh Khalifah Alma'mun dari dinasti Abbasiah. Tapi Ia menolak berada dibawah perintah dinasti Abbasiah dan kemudian membentu dinasti Tulun dan memerintah Mesir.

Bangunan Masjid Ibnu Tulun berada di tengah-tengah kawasan Al-Qatai yang merupakan bekas kota keluargaan pada mas pemerintahan Ibnu Tulun dulu. Letaknya sekitar 2 kilometer dari kota tua Al-Fustat yang menjadi daerah kekuasaan pertama Ibnu Tulun.

7. Masjid Cordoba, Spanyol



Mezquita atau Masjid Cordoba adalah sebuah katedral yang dulunya berfungsi sebagai sebuah masjid pada masa kekuasaan dinasti Umayyah di Spanyol. Pembangunannya pertama kali dilakukan pada tahun 787 oleh Khalifah Muslim Abdurahman I dan kemudian dilanjutkan oleh Khalifah-khalifah sesudahnya. Banyak ilmuwan dan ulama-ulama besar Islam yang dulunya berasal dari Masjid ini, seperti Ibnu Rusyd, Al-Qurthubi dan Ibnu Zuhr.

Setelah terjadinya Reqonquista atau Penaklukkan Kembali Spanyol oleh kaum Kristen, Masjid ini kemudian diubah menjadi sebuah katedral. Saat ini bangunan ini telah digunakan sebagai katedral diosese Cordoba di Spanyol. Pada tahun 1994 Masjid Cordoba mendapatkan pengakuan dari Unesco sebagai salah satu peninggalan yang sangat bersejarah dan penting di dunia.

8. Kubah Shakhrah, Palestina



Kubah Shakhrah bukanlah sebuah masjid tapi lebih merupakan kompleks yang didalamnya terdapatnya sebuah batu besar yang dianggap sebagai tempat Nabi Muhammad berdiri ketika peristiwa Isra dan Mi'raj. Qubbat As-Sakhrah terletak di Baitulmuqaddis, Saya kurang tahu apakah ini penyebutan lain untuk Baitul Maqdis atau bukan jadi Saya putuskan untuk mengikuti tulisan dalam sumbernya karena Saya takut terjadi kesalahan ketika Saya rubah menjadi Baitul Maqdis, di kawasan Al-Haram asy-Syarif. Qubbat As-Sakhrah ini seringkali disalahartikan sebagai Masjid Omar, tempat Umar bin Khattab melakukan shalat ketika tiba di Baitulmuqaddis.

Kompleks Kubah Shakhrah terletak di Kota Lama Yerusalem (Yerusalem Timur) dan berdekatan dengan bangunan Masjid Al-Aqsa. Selain menjadi tempat suci bagi umat Islam, bangunan ini juga merupakan tempat suci bagi kaum Yahudi karena didalamnya terdapat batu Ash-Shakhrah.

9. Jembatan Khaju, Iran



Jembatan Khaju, dalam bahasa Persia disebut پل خواجو  pol-e khajoo, adalah salah satu jembatan yang paling terkenal di Isfahan, Iran. Jembatan ini dibangun kembali oleh Shah Abbas II berdasarkan pada dasar-dasar jembatan yang lama sekitar tahun 1650

Jembatan yang memiliki ukuran panjang 105 meter dan lebar 14 meter ini memiliki sekitar 24 gapura dengan ornamen-ornamen yang unik. Kebanyakan para wisatawan memilih untuk mendatangi jembatan ini pada malam hari karena pada saat itu pantulan cahaya berwarna kuning dari lampu-lampu di jembatan pada permukaan air yang mengalir di bawahnyamembuat suasana terlihat begitu indah dan romantis.

10. Masjid Amr Ibn Al-As, Mesir



Masjid Amr Ibn Al-As, biasa disebut juga dengan sebutan Masjid Amr atau Masjid Amr Bin Ash, adalah sebuah Masjid yang dibangun pada tahun 642 dan disebut-sebut sebagai Masjid tertua yang berada di Mesir dan Afrika. Masjid ini sengaja di bangun oleh para sahabat Amr Bin Ash sebagai bentuk rasa syukur atas keberhasilan mereka menduduki Mesir.

Masjid yang berada di daerah Old Cairo ini memiliki ukuran panjang 29 meter dan lebar 17 meter. Sayangnya menurut beberapa sumber bangunan yang sekarang ada merupakan hasil renovasi sementara bentuk bangunan aslinya sudah tidak bisa lagi dilihat. Saat Masjid ini sedang tidak digunakan, pengunjung dipersilahkan untuk masuk dan melihat-lihat keadaan didalam Masjid.

Demikianlah sekilas tentang 10 Arsitektur Bangunan Islam Paling Menakjubkan Di Dunia simak juga kemegahan-kemegahan bangunan lain dalam 10 Bangunan Istana Paling Megah Di Dunia, Semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Arsitektur Bangunan Islam Paling Menakjubkan Di Dunia "

Post a Comment

Ads 468 X 60

/div>