7 Bangunan Gedung Tertinggi Di Dunia


7 Bangunan Gedung Tertinggi Di Dunia | Pada tahun 1969 dibentuk organisasi Internasional non profit, yaitu Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH). Tugas organisasi ini adalah menerangkan tentang topik “Gedung tertinggi di dunia” (The Worlds Tallest Building), menetapkan standar ukuran serta memlihara (melakukan update) daftar 100 gedung tertinggi di dunia.

CTBUH ini merupakan organisasi terkemuka dunia tentang gedung-gedung tinggi. Dunia internasional mengakuintya sebagai sumber informasi gedung-gedung tertinggi tingkat internasional.

 Burj Khalifa Clouds

Saat ini CTBUH ,menempatkan Burj Khalifa sebagai gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian 2.717 kaki (828 meter). Organisasi ini hanya mengakui gedung-gedung yang telah selesai dibangun. Yang menarik, gedung-gedung tertinggi ini semuanya berada di Asia.

Sebenarnya gedung yang paling tinggi di dunia masih dalam tahap perencanaan dan usulan di tahun 2013, yaitu Kingdom of Tower dengan ketingguan 1000 meter (Saudi Arabia), dan Sky City di Cina dengan ketinggian 838 meter.

Inilah 7 Bangunan Gedung Tertinggi Di Dunia berdasarkan titik tertinggi bangunan, peringkat struktural ketinggian, dengan kondisi bangunan yang sudah selesai dan memiliki lantai yang terus digunakan (occupiable).



1. Burj Khalifa, 828 m, Uni Emirat Arab

Burj KhalifaBurj Khalifa(Inggris “Khalifa Tower”  ; bahasa Arab, “Burj Khalifah”). Sebelumnya gedung ini diberi nama Burj Dubai, merupakan gedung pencakar langit yang berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Gedung ini adalah gedung buatan manusia yang paling tinggi di dunia, yaitu mencapai ketinggian 829,8 m (2.722 kaki). Untuk menghormati Presiden UEA, yaitu  Khalifa bin Zayed Al Nahyan yang mendukung pembangunan gedung ini maka menara ini diberi nama Burj Khalifa. Penamaan ini sangat mengejutkan karena disampaikan secara mendadak sewaktu acara peresmian gedung ini.


Dalam satu waktu, Burj Khalifa ini bisa menampung sampai 35.000 orang. Menara ini didukungdengan  8 eskalator dan 57 lift. Lift yang dipasang di sini berkapasitas 12 sampai 14 orang per kabin, dengan kecepatan naik sampai 33 kaki per detik (10 m/detik). Untuk memberikan pelayanan kepada pengunjung selama mereka berada dalam perjalanan menuju ke dek observasi, pada Double-deck diberi layar LCD sebagai fitur hiburan. Dari lantai dasar menuju lantai 160, bangunan ini memiliki 2909 anak tangga.

2. Abraj Al-Bait Towers, 601 m, Saudi Arabia

 Abraj Al-Bait TowersMenara Mecca Royal Hotel Clock atau dikenal dengan nama The Abraj Al-Bait Towers merupakan kompleks bangunan yang berlokasi di kota Mekkah, Arab Saudi. Menara ini adalah salah satu dari proyek Raja Abdul Aziz dalam usaha untuk membuat Kota Suci menjadi lebih modern agar para peziarah lebih terlayani. Pada kompleks ini terdapat beberapa rekor dunia, yaitu bangunan dengan lantai terluas di dunia, jam dengan ukuran paling besar di dunia serta menara jam tertinggi di dunia.


Pada tahun 2012 Menara Hotel di komplek ini merupakan bangunan tertinggi no 2 di dunia setelah Dubai Burj Khalifa. Ketinggian menara ini mengalahkan ketinggian Taipei 101 di Taiwan.  Lokasi menara ini sangat dekat dengan Masjidil Haram atau Ka’bah, yaitu masjid terbesar di dunia yang merupakan tempat suci umat Islam. Luas bangunan ini mencapai 1.500.000 meter persegi (16.150.000 kaki persegi)  dengan total 120 lantai. Dengan luas yang seperti ini berarti Abraj Al-Bait Towers mengalahkan Dubai International Airport dan ini merupakan bangunan terluas di dunia.

 3. Taipei 101, 509 m, Taiwan

 Taipei 101Sebelumnya, Taipei 101 lebih sering disebut Taipei World Financial Center. Gedung ini merupakan sebuah landmark pencakar langit yang berlokasi di Distrik Xinyi, Taiwan. Pada tahun 2004 bangunan ini secara resmi menjadi bangunan tertinggi di dunia. Pada tahun 2010 bangunan ini ketinggiannya dikalahkan oleh Burj Khalifa di Dubai.
 

Bangunan ini pernah dianugerahi sertifikasi LEED Platinum pada tahun 2011. Penghargaan ini diberikan karena merupakan green building tertinggi dan terbesar di dunia, Kepemimpinan Energi dan Desain (LEED) dan penghargaan tertinggi dalam sistem penilaian lingkungan.  Pemberinan nama Taipei 101 karena mempunyai 101 lantai di atas tanah. Walaupun begitu bangunan ini sebenarnya memiliki 106 lantai, karena masih ada 5 lantai di bawah tanah.

 4. Shanghai World Financial Center, 492 m, Cina

Shanghai World Financial CenterSWFC (The Shanghai World Financial Center) berlokasi di  distrik Pudong Shanghai, Cina, merupakan sebuah pencakar langit dengan ketinggian 492 m. Menara ini merupakan gedung pencakar langit serbaguna, karena pada bangunan ini terdapat berbagai hal, yaitu lantai dasar pusat perbelanjaan , sementara lantai lain ada yang menjadi hotel, kantor, deck observasi, dan ruang konferensi.

 

Komponen hotel yang disebut Park Hyatt Shanghai mempunyai 174 kamar dan suite. Kamar hotel berada di lantai 79 sampai lantai 93. Hotel ini merupakan hotel tertinggi kedua di dunia.

5. International Commerce Centre, 484 m, Hongkong

 international commerce centerICC Tower (International Commerce Centre) memiliki ketinggian 484 meter (1.588 kaki) yang terdiri dari 118 lantai. Gedung yang berlokasi di West Kowloon, Hong Kong diselesaikan tahun 2010. Bangunan yang dibuat di atas Kowloon Station ini merupakan bagian dari proyek Union Square.

 

Gedung ini merupakan gedung kelima tertinggi di dunia, memiliki urutan ketiga di dunia dalam hal jumlah lantainya dan merupakan gedung tertinggi di Hongkong. Pada lantai 102-118 di gedung ini terdapat hotel bintang lima, yaitu The Ritz-Carlton Hong Kong.

Pada bangunan ini terdapat kolam renang, yang merupakan kolam renang tertinggi di dunia, terdapat juga bar (OZONE) yang letaknya di lantai 118. Bagian Presidential Suite memiliki luas 2.800 m (30.000 kaki persegi) letaknya di lantai 117, dengan biaya per malam sekitar 100.000 HKD . Pemilik International Commerce Centre, Sun Hung Kai memiliki property di lantai 102-118 yang bisa dihuni, dengan jumlah kamar 312 dan ini merupakan hotel tertinggi di dunia.

6. Petronas Towers, 452 m, Malaysia

 PetronasPetronas Towers seringkali disebut dengan Petronas Twin Towers atau menara kembar. Bangunan ini merupakan gedung pencakar langit yang ada di Kualalumpur, Malaysia. Berdassarkan peringkat yang dibuat oleh CTBUH, dari tahun 1998 sampai 2004, Petronas merupakan gedung tertinggi di dunia. Rekor ini berakhir ketika dikalahkan oleh Taipei 101.

 

Petronas merupakan cermin dari muslim Malaysia, dengan bangunan sebagian besar berupa beton bertulang dengan baja dan memakai glass fascade dengan rancangan mirip dengan motif yang ada di seni Islam.  Menara ini merupakan Landmark di Kualalumpur yang terdiri dari 88 lantai.

 7. Zifeng Tower, 450 m, Cina

 Zifeng TowerZifeng Tower sering disebut Greenland Center-Zifeng Tower atau disebut juga Greenland Square Zifeng Tower. Akan tetapi orang lebih mengenal dengan nama Nanjing Greenland Financial Center. Tinggi bangunan pencakar langit ini adalah 450 meter (1.480 kaki), pembangunannya diselesaikan tahun 2009 dengan lokasi di Nanjing, Cina. Bagian bawah bangunan ini adalah kantor dan ruang ritel, sedangkan bagian atasnya terdapat hotel, restoran dan sebuah observatorium umum. Banyak lantai pada bangunan ini adalah 66 lantai.


Demikianlah  sekilas tentang 7 Bangunan Gedung Tertinggi Di Dunia simak juga artikel menarik lainnya dalam 10 Bangunan Istana Paling Megah Di Dunia

0 Response to "7 Bangunan Gedung Tertinggi Di Dunia"

Post a Comment

Ads 468 X 60

/div>