Cara Membuat Batako Press Sendiri


Cara Membuat Batako Press Sendiri | Dengan semakin melambungnya bahan-bahan bangungan yang kita butuhkan pada akhir-akhir ini, mau tidak mau kita harus berfikir cara mensiasati supaya kita bisa lebih irit dalam membangun rumah yang layak dan hasilnya maksimal tapi modal kecil. Disini saya cuma bicarakan satu bidang saja dari bahan bangunan yaitu batu bata .Batu bata merah di sini perbijinya Rp.750,- jadi 1000nya Rp.750.000,- sudah tiba di rumah.Dalam membuat Rumah Minimalis ukuran 5×10 m harus membutuhkan paling tidak 13.000 bata.wah berapa rupiah yang harus anda keluarkan?coba hitung sendiri…..!!!!dan untuk lumpurnya saja butuh pasir dan semen yang banyak yang lumayan banyak dan cara pemasangannya mudah tapi butuh waktu lama.

Tapi jangan khawatir, disini saya sajikan solusi Cara Membuat Batako Press Sendiri yang irit. ini sudah saya buktikan sendiri dan hasilnya luar biasa.yaitu buat batako sendiri ,yaitu batu bata dari pasir + semen.

Biasanya batako ukuranya besar besar.Biasanya ukurannya lebar 10cm panjang 40cm dan tinggi 18cm itu ukuran yang pernah saya buat.Batako juga tidak ribet seperti bata merah harus pakai dibakar biar matang.ini tidak perlu masss brooo,cukup di tata di tempat teduh beres dan siap di pakai.coba pikir batu bata merah harus dibakar,biaya untuk membakar saja butuh kayu dan merang yang banyak.dari pada untuk bakar bata lebih baik buat masak,iya kan?

Kelebihan batako:
- Mudah dalam memasangnya dan lebih cepat tinggi
- irit lumpur dalam pemasangannya,coba bandingkan dengan bata merah
- tidak usah di bakar
- tidak perlu tenaga banyak dalam pembuatanya bisa untuk kerjaan sampingan
- bila kena air bisa tambah kuat beda dengan batu bata kena air pasti hancur kalau kurang matang dalam pembakarannya.
-untuk plesternya/leponya juga tipis jadi lebih irit lumpur


Oke disini saya ajarkan buat batako yang mudah dan irit serta cepat dalam pembuatanya.
Disini saya sajikan secara manual.

BUAT CETAKAN
Caranya cari kayu yang panjangnya kira-kira 10cmx3cmx300cm
Kita buat ukuran saya yaitu 10cmx18x40cm.harap kayu dipotong pakai gergaji dan bentuk seperti cetakan bata.

Dan didalamnya anda lapisi pakai seng alumunium atau seng talang ,ukur sesuai dengan crakan dan paku pakai paku idep biar rapi.

Kalau sudah selesai harap cari blabak buat cor untuk alas dan oli bekas buat pelicin cetakan.


CAMPURAN PASIR + SEMEN

Pasir 9 timba anda ayak dengan ayak kasar buat pasangan bata
Semen 1 timba.
Tetes 3gelas
Anda campur dan aduk dengan menggunakan skrup dulu.tetes belakangan,harap anda campurkan bersamaan dengan air.
Kalau sudah tercampur rata harap diberi air yang banya seperti bikin lumpur buat pasanagan.karena menurut analisa saya semen itu butuh air cukup banyak akan tambah kuat.ini lain lo dengan batako biasanya yang cuma butuh air dikit.tapi di sini sebalikanya.
Kalau sudah anda aduk pakai pacul dan diamkan selama setengah jam baru anda cetak.


CARA MENCETAK BATAKO
Sediakan papannya dulu ,lalu olesi dengan oli bekas dengan puas
Dan juga olesi cetakan batakonya juga dengan oli bekas biar licin


Setelah anda olesi harap masukan lumpur separuh cetakan dulu dan anda tumbuk pakai kayu balok biar padat .setelah itu beri batu atau pecahan bata merah atau apa saja yang padat di dalamnya dan tutup pakai lumpur sampai merata dan tumbuk sampai padat dan merata .setalah itu anda angkat seperti mencetakan batu bata.biarkan sehai semalam.kalau sudah mengeras anda angkat dan taruh ditempat teduh biar lambat keringnya.karena bila terlalu cepat kering batako kuran kuat dan rapuh.setelah 7 hari harap anda siram pakai air supaya tambah kuat.

0 Response to "Cara Membuat Batako Press Sendiri"

Post a Comment

Ads 468 X 60

/div>