5 Desain Rumah Adat Gaya Betawi


5 Desain Rumah Adat Gaya Betawi | Hunian berkonsep Betawi sangat cocok diterapkan untuk kondisi geografis Indonesia. Jika dilihat dari segi budayanya, masyarakat Betawi sudah turun-temurun menghasilkan arsitektur dan budaya dengan corak yang kuat dan karakter yang khas. Hunian Betawi selalu mengedepankan konsep kekeluargaan dan hubungan masyarakat yang sangat erat. Hal ini terlihat dari konsep teras yang lebar dan luas. Jika Anda tertarik dengan desain rumah adat Betawi, anda bisa mengadopsi 5 Desain Rumah Adat Gaya Betawi ini dengan sedikit sentuhan yang lebih modern, agar terlihat sesuai dengan perkembangan jaman.

Ciri utama dari Rumah Adat Betawi adalah teras rumah yang lebar. Teras menjadi bagian terfavorit untuk melakukan segala aktivitas bersama keluarga. Teras ini berfungsi untuk menyambut tamu yang datang kapan saja dan bisa dengan bebas memakai teras tersebut.


Ciri lain dalam desain rumah adat Betawi adalah penggunaan jendela yang terbuka lebar dan tak lepas dari hiasan tanaman hijau di sekeliling rumah untuk menambah keasriannya.

Rumah adat Betawi selalu memiliki karakter yang kuat. Hal ini dikarenakan sifat orang Betawi yang mudah bergaul dan terbuka. Gaya Betawi dapat juga diaplikasikan pada hunian modern, terutama dalam penggabungan teras rumah sebagai pengganti ruang tamu.


Di dalam desain rumah adat Betawi, pembagian ruangan adalah yang paling utama. Hunian bergaya Betawi ini tidak pernah terlepas dari bagian teras, ruang tengah atau ruang keluarga, dan kamar-kamar, yang biasanya dibangun di sekitar ruang tengah dan dapur. Arsitektur hunian gaya Betawi pada umumnya menggunakan desain rumah panggung karena masyarakat Betawi pada masa lalu tersebar di pesisir pantai dan pedalaman sehingga ini menjadi satu ciri khas dari rumah Betawi sampai sekarang.


Konsep keterbukaan yang melekat pada desain rumah adat Betawi dapat dikombinasikan dengan konsep rumah modern, walaupun jika kita lihat, rumah modern banyak menggunakan bahan yang modern (penggunaan unsur kayu lebih sedikit). Pada dasarnya, gaya Betawi ini bisa diterapkan pada hunian bergaya modern karena desain awal hunian Betawi ini dapat dikatakan cukup fleksibel dan mudah diterapkan pada setiap desain bangunan.


Sisi lain dari desain rumah adat Betawi adalah dominannya unsur kayu dan bambu, yang menjadikannya sangat dekat dengan alam. Kealamian yang dipancarkan dari beberapa elemen bangunan tersebut menjadikan kesan ramah dan keasrian dari rumah Betawi. Sebaliknya,pada hunian modern dapat dihadirkan penggunaan material seperti tembok yang menggunakan kaca, aluminium dan sebagainya.

Tampilan rumah modern bernuansa Betawi pun masih bisa dihadirkan dengan memadukan unsur kayu yang diukir dengan ukiran Betawi. Segi penggunaan material utama bangunan menjadi inti dari konsep desain rumah adat Betawi. Apakah masih ingin menggabungkan elemen kayu/bambu dengan dinding bata?


Untuk bagian atap rumah modern, anda bisa tetap menggunakan bentuk atap khas rumah Betawi, seperti bentuk joglo. Material atap ini bisa menggunakan konstruksi baja ringan. Atap genting harus tetap dipertahankan sebagai ciri khas rumah Betawi.

Untuk menambah inspirasi anda dalam membangun rumah modern berkonsep rumah adat Betawi, berikut kami sajikan gambar-gambar desain rumah adat betawi yang kami dapatkan dari berbagai sumber.

1 Response to "5 Desain Rumah Adat Gaya Betawi"

  1. desainnya betawi banget gannn, jenis rumah seperti ini untuk di jakarta sudah sulit sekali ya ditemui, padahal rumah ini cukup bagus dan bila dipadankan dengan konsep minimalis mungkin hasilnya bisa lebih indah

    oh iya gan yuk disimak juga nih informasi properti lainnya berupa rumah, barangkali ada yang lagi cari rumah jadi bisa sedikit membantu

    rumah dijual murah
    rumah
    rumah dijual
    tanah dijual

    thanks gann :)

    ReplyDelete

Ads 468 X 60

/div>