Desain Kamar Mandi Yang Aman Untuk Anak


Desain Kamar Mandi Yang Aman Untuk Anak | Dalam tulisan kali ini, kami akan membahas mengenai kamar mandi yang aman untuk anak. Sebuah kamar mandi yang aman akan sangat membantu Anda mengurangi kecemasan terhadap keselamatan anak Anda.

Salah satu kontributor Houzz, Julie Kim, membagikan tips dan cara menciptakan sebuah kamar mandi yang aman untuk anak-anak. Cara yang dilakukan oleh Kim tidaklah sulit, ia menemukan cara ini saat sedang berbincang dengan dua tenaga profesional khusus bayi Amerika Serikat, Marie Radel dan Linette Palmer. Apa yang diterapkannya? 

Berikut adalah Tiips Desain Kamar Mandi Yang Aman Untuk Anak

Perhatikan Masalah Listrik dan Air


Salah satu cara menciptakan kamar mandi yang aman adalah dengan menghalangi akses stop kontak dan juga alat-alat elektronik.

“Halangi akses ke stop kontak dan barang-barang elektronik lain,” ujar Kim seperti dilansir oleh situs Houzz.

Demi keselamatan anak Anda di kamar mandi, maka hal yang harus Anda perhatikan adalah masalah listrik. Tutuplah semua akses stop kontak yang ada di kamar mandi dan selanjutnya simpanlah alat-alat elektronik seperti pengering rambut, pengeriting rambut hingga cukuran elektrik, jauhkanlah semua benda-benda itu dari bak mandi. Simpan stop kontak Anda di dalam lemari dan gunakan pada saat Anda membutuhkannya. 

Selain masalah listrik, Kim juga menyoroti hal tentang air. Menurutnya, bayi sangat menyukai bermain air, bahkan termasuk air di dalam kamar mandi.

Anak-anak di bawah usia dua tahun sudah dapat meraih air dalam ‘mangkuk’ toilet. Sedangkan untuk anak-anak yang usianya di atas dua tahun sangat senang bermain dengan guyuran air di toilet. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan pengunci toilet yang bisa Anda dapatkan di toko perkakas toilet terdekat di sekitar Anda.

Masih berkaitan dengan air, selanjutnya Anda wajib menentukan besaran panas suhu air di kamar mandi Anda. Usahakan panas temperatur air panas Anda sekitar 48,9 derajat celcius atau kurang dari itu. Suhu ini adalah yang paling pas dengan temperatur untuk bayi Anda.

 Gunakan Karpet Anti Selip pada Bathtub Kamar Mandi


Untuk menjaga keselamatan anak Anda di kamar mandi, coba gunakan juga karpet anti selip air (bath mats) di dalam dan di luar kamar mandi Anda seperti pada gambar di atas.

Hal ini untuk mencegah anak Anda tergelincir pada permukaan mandi, karena biasanya anak menjadi sangat bersemangat bahkan meloncat-loncat setelah mandi.

Jangan Meninggalkan Anak Anda Sendirian di Kamar Mandi
Pastikan Anda membawa seluruh perlengkapan kamar mandi anak Anda sehingga Anda tidak perlu meninggalkan anak Anda sendirian di kamar mandi.

Mungkin Anda berpikir jika hanya meninggalkannya sebentar dan segera kembali tidaklah akan menimbulkan masalah. Tapi ingat, kedalaman air di dalam bathtub kamar mandi Anda kapan saja bisa membuat bayi Anda tenggelam. Untuk itu, selalu awasi anak Anda sampai dengan selesai mandi.

Memilih Peralatan Kamar Mandi


Pastikan untuk memilih peralatan kamar mandi seperti wastafel, keran hingga bathtub yang berujung tumpul. Bisa saja anak Anda akan terluka dengan benda-benda ini bila tak berhati-hati. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, cobalah mulai menerapkan hal ini demi keselamatan anak Anda.

Menjauhkan Bahan Berbahaya untuk Anak


Saat masih dalam usia emasnya, anak mempunyai rasa ingin tahu yang besar, tidak terkecuali dengan bahan-bahan berbahaya di kamar mandi yang mungkin saja bisa ia cicipi seperti pasta gigi, sabun, pembersih lantai dan masih banyak lagi.

Pastikan untuk selalu mengingatkan anak jika bahan-bahan itu tidak boleh dikonsumsi maupun dicicipi walau hanya sedikit. Untuk makin meningkatkan kewaspadaan anak Anda, jauhkan bahan-bahan itu dari jangkauan anak Anda. Misalkan meletakkannya di tempat-tempat yang lebih tinggi, dimana anak Anda tidak bisa menjangkaunya.

0 Response to "Desain Kamar Mandi Yang Aman Untuk Anak"

Post a Comment

Ads 468 X 60

/div>