Melindungi Rumah Dari Ancaman Petir


Melindungi Rumah Dari Ancaman Petir | Saat musim hujan tiba, petir menjadi ancaman yang tak terduga. Petir bisa saja sekejap menyambar tubuh manusia yang berujung pada kematian. 

Agar petir tidak mengancam keselamatan anggota keluarga Anda, ada baiknya jika Anda melakukan tindakan preventif untuk membuat rumah aman dari sambaran petir. Berikut ini beberapa langkah untuk Melindungi Rumah Dari Ancaman Petir

Memasang Penangkal Petir


Memasang penangkal petir di rumah dapat membuat Anda dan keluarga terhindar dari sambaran petir yang datangnya kadang tidak terduga. Untuk memasang penangkal petir, pastikanlah jika sambungannya tertanam ke dalam tanah paling dengan kedalaman 5 meter. Selanjutnya, alirkan kabel penangkal petir jauh dari instalasi listrik di rumah. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya induksi yang terlalu berlebihan.


Jika Anda kebetulan juga memasang antena TV di luar rumah, pastikanlah ketinggian antena TV tersebut tidak melebihi ketinggian penangkal petir yang Anda pasang. Karena jika antena TV Anda dipasang lebih tinggi dari yang sudah disarankan, dapat mengakibatkan antena tersebut tersambar petir.


Anda juga bisa memasang penangkal petir internal (arrester) untuk peralatan elektronik Anda di rumah. Penangkal petir ini dipasang pada perangkat panel barang-barang elektronik tersebut. Untuk perumahan biasa, penangkal petir ini cukup dipasang pada panel listrik atau setiap peralatan elektronik Anda.

Mematikan Peralatan Elektronik


Untuk menghindari risiko peralatan elektronik Anda dari kerusakan akibat sambaran petir, maka tidak ada salahnya saat hujan petir datang, matikan semua peralatan elektronik tersebut dengan mencabut saluran kabel semua peralatan elektronik tersebut. Hindari juga menonton televisi saat sedang hujan dengan petir mengerikan.

Jika rumah Anda dikepung oleh bangunan-bangunan tinggi, risiko untuk tersambar petir jauh lebih aman dibandingkan dengan perumahan biasa yang ketinggian rumahnya hampir sama antara rumah yang satu dengan rumah yang lain. Pastikan untuk selalu melakukan pencegahan dibandingkan tindakan perbaikan saat petir sudah benar-benar menyambar rumah Anda.

0 Response to "Melindungi Rumah Dari Ancaman Petir"

Post a Comment

Ads 468 X 60

/div>