Memilih Rangka Atap Baja Ringan Sebagai Alternatif Kelangkaan Kayu


Memilih Rangka Atap Baja Ringan Sebagai Alternatif Kelangkaan Kayu | Perbedaan Rangka atap dari kayu dan rangka atap baja ringan jika dilihat dari segi harga ringan tidak terlalu beda jauh, namun kayu bisa jadi lebih mahal mengingat kelangkaan karena maraknya penebangan pohon tanpa diimbangi dengan upaya penanaman kembali dengan jumlah yang seimbang antara penebangan dan penanaman. pekerjaan rangka atap baja ringa dihitung dalam satuan kg atau meter sedangkan kayu dihitung dalam satuan m3 atau meter, sehingga diperlukan data baja ringan  perkg atau harga kayu permeter kubik untuk dapat menghitung rencana anggaran biaya bangunan khususnya pekerjaan rangka atap rumah. dalam proses pengerjaan diperlukan tukang bangunan yang ahli dalam baja ringan untuk memasangnya sedangkan untuk rangka atap kayu dapat dikerjakan oleh tukang kayu yang telah ahli dalam bidang perkayuan sehingga dapat dihasilkan pekerjaan dengan kualitas bagus setelah sebelumnya mempertimbangkan perbandingan ragka atap kayu dan  baja ringan.


Dalam Desain Rumah Cantik Sederhana dan Minimalis dengan menggunakan Rangka Atap yang terbuat dari baja ringan ada baiknya jika kita simak beberapa tips Memilih Rangka Atap Baja Ringan Sebagai Alternatif Kelangkaan Kayu berikut ini :
  1. Pastikan bahan atap baja ringan memiliki kekuatan G 550 Mpa artinya bahan baja ringan ini mempunyai kuat tarik 550 N/ mm2. untuk mengetahui hal ini bisa ditanyakan pada aplikator sedangkan untuk tahu pastinya harus melalui uji pemeriksaan laboratorium.
  2. Tanyakan kepada aplikator baja ringan tentang ukuran pasti dari bahan atap baja ringan apakah ukuran yang disebutkan BMT atau TCT.
  3. Pastikan anda sebagai konsumen menerima gambar kerja rangka atap baja ringan untuk pemasangan rumah anda sebab dengan gambar kerja tersebut kita dapat mengontrol apakah betul sesuai desain engineer pemasangan rangka atap baja ringan tersebut.
  4. Gambar atap baja ringan tersebut harus dipastikan sudah dihitung secara khusus oleh engineer dengan sofware khusus desain atap baja ringan. dengan perhitungan yang bener oleh engineer dapat menghilangkan keraguaan anda sebagai konsumen sehingga rumah anda terlindung dengan nyaman dan aman.
  5. Tanyakan jenis material dari baja ringan tersebut apakah zincalume atau gavanis dan tanyakan pula kadar lapisan anti karat dari bahan atap baja ringan tersebut.
  6. Pastikan anda mendapatkan garansi pekerjaan untuk rangka atap baja ringan rumah anda.

Adapun beberapa alasan yang menjadi pertimbangkan ketika kita lebih memilih Rangka atap baja ketimbang rangka yang terbuat dari kayu adalah sebagai berikut :
  • Karena bobot konstruksi atap baja ringan yang ringan maka dibandingkan kayu beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih rendah.
  • Rangka atap Baja ringan bersifat tidak membesarkan api ( non-combustible) .
  • Konsumen tidak perlu kuatir Rangka atap baja ringan dimakan rayap.
  • Pemasangan Rangka atap baja ringan relatif sangat cepat apabila dibandingkan rangka kayu.
  • atap Baja ringan nyaris tidak memiliki nilai muai dan susut.
  • Desain atap baja ringan fleksibel mengikuti desain atap yang ada
  • Tidak ada material yang terbuang dari bahan atap baja ringan
  • Rangka atap baja ringan bebas biaya pemeliharaan
  • Lebih presisi sebab standar bentuk sama sehingga atap baja ringan lebih rata
  • Batang truss rangka atap baja ringan mempunyai kuat tarik yang besar yaitu 550 MPa
  • Hasil terpasang atap baja ringan lebih rata atau flat jadi pemasangan genteng lebih rapi dan lebih bagus

Dalam memilih rangka atap, kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi dan harus dihindari adalah :
  1. Sekedar memilih rangka atap hanya agar bagian atas rumah tertutup. Solusi pilihlah atap rumah yang aman dan kuat untuk menyangga beban dari genteng dan beban diatasnya sebab rangka atap adalah pelindung dari anda dan keluarga anda. atap baja ringan dapat menjadi pilihan bukan sekedar atap
  2. Memilih rangka atap yang murah tapi tidak awet. Solusi pilihlah rangka atap rumah yang awet dan tahan lama sebab rangka atap anda berada diatas keluarga anda sehingga keawetan dari rangka atap dapat melindungi keluarga anda dari kerobohan atap. rangka atap baja ringan sudah terbukti awet dan tahan terhadap guncangan.
  3. Memilih rangka atap yang dapat dimakan rayap/ kumbang. Solusi pilihlah material rangka atap yang tahan terhadap rayap/ kumbang sebab rayap dapat memakan kayu sehingga apabila kayu lapuk sewaktu-waktu rangka atap rumah anda dapat roboh menimpa keluarga anda. kumbang/ rayap tidak akan memakan rangka atap baja ringan.
  4. Memilih rangka atap yang dapat menghantarkan api. Solusi pilihlah material rangka atap yang tidak menghantarkan api seperti kayu sebab apabila sewaktu-waktu terjadi konsleting listrik maka material tersebut akan dapat mengakibatkan kebakaran. baja ringan tidak menghantarkan api
  5. Memilih rangka atap yang bila dipasang dapat muai susut. Solusi pilihlah material rangka atap yang dapat membuat rangka atap rumah anda menjadi presisi sebab dengan penampilan atap yang presisi akan mempercantik rumah anda. pemasangan atap baja ringan dijamin sangat presisi sebab dikerjakan tenaga khusus dan dengan peralatan yang komplit
  6. Memilih rangka atap yang berat sehingga membabani struktur rumah. Solusi pilihlah material rangka atap rumah yang ringan sebab material yang ringan akan mengurangi budget untuk struktur bangunan rumah anda. material baja ringan ini sangat ringan bahkan dibandingkan kayu masih lebih ringan baja ringan
  7. Memilih rangka atap yang memerlukan perawatan. Solusi memelih material rangka atap rumah yang tidak memerlukan biaya perawatan sebab dengan adanya perawatan rangka atap berarti kita perlu cost/ biaya lagi untuk perawatan. atap baja ringan setelah terpasang tidak memerlukan perawatan lagi.
  8. Memilih rangka atap yang tidak fleksibel. Solusi pilihlah material rangka atap yang dapat di bentuk sesuai dengan desain rumah yang anda kehendaki sehingga rumah tampak cantik dan dapat nyaman untuk ditempati. dengan desain atap rumah yang bagaimanapun atap baja ringan dapat disesuaikan.

temukan solusi terbaik untuk rumah anda dengan memakai rangka atap baja ringan sehingga berbagai persoalan diatas dapat anda pecahkan. Rangka atap baja ringan merupakan solusi handal untuk memecahkan masalah-masalah diatas

1 Response to "Memilih Rangka Atap Baja Ringan Sebagai Alternatif Kelangkaan Kayu"

Ads 468 X 60

/div>