Tips Detail Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan


Tips Detail Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan | Kelebihan dari baja ringan adalah kekuatan baja ringan bisa lebih dari 10 tahun. "material baja yang dipakai adalah baja bermutu tinggi, hi-ten g550 lapis zinc dan alumunium. Baja di-treatment hingga tipis, lalu ditarik hingga mutu atap baja ringan tinggi. Kekuatannya sama dengan baja-baja biasa. Kuat, bisa diinjak-injak, untuk menahan beban genteng, plafon, memasang lisplang dan listrik.


Selain itu, dalam Memilih Rangka Atap Baja Ringan Sebagai Alternatif Kelangkaan Kayu dari segi pemasangan atap baja sangat efisien. "sehari bisa memasang 25 m2. Jika mencapai 100 m2 bisa sampai empat hari. Hari kelima sudah bisa pasang genteng. Sementara jika memakai kayu bisa dua kali dari itu. Apalagi baja konvensional tiga kalinya." bahkan saat pemasangan, tempatnya relatif bersih, tak banyak sisa-sisa potongan.Kenyamanan memakai baja ringan diakui oleh banyak orang. Sang aristek memilih rangka atap dengan memakai baja ringan, bukan kayu. "memang, sih, untuk harga dibanding dengan kayu jenis tertentu jadi terasa sedikit agak lebih mahal. Tapi kalau dibandingkan dengan kayu kamper atau jati tentu jadi lebih murah. Bayangkan, sudah mahal tapi dimakan rayap pula, jadi jatuhnya tambah mahal.

Selain dari harga, atap baja ringan segi pengerjaan pun lebih mudah dan cepat. "karena kita tinggal merancang modelnya seperti apa, bagian pabrik yang membuat rangka. Setelah itu, kita tinggal menyambung dengan menggunakan baut. Memasangnya pun tak lama hanya 3-4 hari saja. Sementara kayu, selain lebih berat, tenaga yang dipakai pun lebih banyak meski bahannya lebih murah."kekuatan kayu pun diprediksi berusia 10-20 tahun saja. "sementara kalau memakai baja ringan bisa mencapai 50-100 tahun." kelebihan lain, baja anti rayap dan ringan. Jadi, jangan bayangkan baja-baja yang berat, karena baja yang dipakai untuk kuda-kuda rumah berbeda jenisnya. "ringannya seperti seng, kalau dibentangkan dan ditekuk-tekuk gampang sekali. Kena angin pun lebih fleksibel menahan beban."Tren memakai rangka baja ringan ini, lanjut nehemia, diramalkan akan bertahan lama. "bayangkan jika orang masih memakai kayu, berapa banyak lagi pohon yang ditebang. Apalagi dengan kemajuan zaman, teknologi tinggi, orang maunya serba cepat dan praktis."Sayangnya, berbeda dengan kayu, kuda-kuda dari atap ringan dari baja ringan kurang bagus dari segi estetika. Itu sebabnya harus ditutup dengan eternit. Tetapi jangan khawatir, karena perawatan atap ringan lebih gampang karena tak perlu dipoles dengan anti rayap. Bahkan di saat gempa atau angin besar baja akan tetap bertahan


cara pemasangan rangka atap baja ringan terbilang mudah, Rangka baja sendiri terdiri dari lempengan-lempengan panjang (profil) yg bervariasi bentuk dan ukurannya sesuai fungsi masing-masing dalam struktur rangka atap.

cara pemasangan rangka atap baja ringan Tuk kuda-kuda atau rangka utama dan gording, profil baja ringan ini biasanya berbentuk “I” atau “U” terbalik dan memiliki ukuran yg lebih besar. selanjutnya reng, reng ialah pengikat kuda-kuda dan gording yg posisinya melintang di atas kuda-kuda dan gording, serta mengikat kuda-kuda dan gording tersebut hingga membentuk suatu kerangka yg kokoh.

Lempengan reng adalah profil yg paling kecil bentuk dan ukurannya. Fungsinya sebagai penahan genteng atau jenis atap lainnya dan sebagai pengatur jarak setiap baris genteng agar lebih rapi dan lebih “mencengkeram”.


Tuk dapat hasil yg maskimal cara pemasangan rangka atap baja ringan sebaiknya memperhatikan beberapa criteria berikut ini:

Hitung Berapa Derajat Kemiringan Atap
Semakin curam kemiringan, maka dipastikan akan menambah besar jumlah luas atapnya. Idealnya, kemiringan atap berada pada kisaran 25 dan 30 derajat. Takaran ideal ini dilihat baik dari segi konstruksi, maupun dari sisi jumlah luasnya. Dgn tingkat kemiringan seperti itu, jumlah bahan yg dipergunakan tuk rangka atap baja ringan akan efisien.

Hitung Jumlah Beban Atap
Beban terdiri dari beban hidup, beban mati dan beban angin. Variabel yg bisa disiasati adalah beban mati, yaitu penggunaan penutup atapnya, karena itu pertimbangkanlah material tuk penutup atap.

Bentuk Atap
Bentuk atap paling baik tuk cara pemasangan rangka atap baja ringan adalah pelana dan limasan berikut kombinasinya. Bila memakai atap dgn model lengkung, tetap dapat menggunakan rangka atap baja ringan namun dgn harga relatif lebih mahal.

Pemasangan Baja Ringan - Langkah Tata Cara Pemasangan Baja Ringan :

A. Bentuk atap Baja ringan
Perhatikan bentuk atap yang akan di bangun karena sebagai Faktor Penentu Estetika atau keindahan atap bangunan (bentuk atap)

B. Menghitung Volume Baja Ringan
kebutuhan volume baja ringan biasanya semakin banyak jurai semakin luas atap semakin mahal. tentunya berbeda dengan atap sederhana (cek hitungan perkiraan)

C. Mempersiapkan Gambar Kerja.
pemsangan baja ringan
Persiapkan gambar kerja berupa denah bangunan secara menyeluruh karena gambar kerja ini menentukan jarak kuda dan kebutuhan kuda-kuda. gambar kerja yang di keluarkan terlebih dahulu mempertimbangkan jarak kuda-kuda yang akan di pakai, biasanya jarak kuda-kuda yang aman tidak lebih dari 1,20 meter. Gambar kerja ini jangan sampai di tentukan oleh tukang/aplikator bangunan haruslah rekomendasi dari penyedia baja ringan karena selama ini tukang berdasarkan atas empiris bukan hasil dari analisa sofware.


Baja Ringan Label SNID. Bahan Baja Ringan Label SNI
Mutu Kualitas baja ringan haruslah menggunakan Standar Nasional Indonesia (SNI) maka tanyakan kepada penyedia baja ringan apakah sudah memakai SNI di setiap batang baja ringan.
Teliti dulu sebelum membeli konsumen mempunyai hak untuk bertanya mengenai perlindungan konsumen (konsumen cerdas paham perlindungan)
E. Penutup Atap tentukan terlebih dahulu
penentuan ketebalan Profil C Baja ringan biasa tergantung atap yang di pakai ,biasa semakin berat genting yang akan di pakai semakin berat pula pembebanan terhadap struktur baja ringan tentunya  baja ringan harus ada perbedaan dimana ketebalan profil ini bervariasi mulai dari profil : C 75/65 , C 75/75, C75/100.


dynabolt baja ringanF. Pemasangan Baja Ringan
yang perlu di perhatikan dan diawasi dalam hal pemasangan :
1. Jarak antar kuda-kuda (jarak max 1,20 meters)
2. Sambungan Kuda-Kuda,
3. Web/ Ander (jarak max 1,20 - 1.50 meters)
3. Kaki (sepatu kuda), minimal dua buah jikalau satu sebaiknya di komplain
4. Baut Yang di pakai, memakai
Demikan beberapa Tips Detail Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Detail Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan"

Post a Comment

Ads 468 X 60

/div>